Cara Membuat Siomay Enak Ala Abang-Abang

Cara Membuat Siomay Enak Ala Abang-Abang

Siomay ala abang abang ini selain enak tekturnya kenyal gak heran deh banyak penggemarnya, kita akan membuat siomay ala abang abang yang enak dan kenyal.

sehingga siapapun yang mau mencobanya mau mencicipinya lagi lagi lagi dan lagi cocok juga nih buat kalian yang nyari ide buat jualan langsung aja yuk kita buat siomay ala abang abangnya ini dia bahan bahan yang harus di siapkan.

Resep Siomay

  1. 400 gram ikan tenggiri boleh juga ganti ikan tuna belida atau ikan lainnya.
  2. 200 gram daging ayam kami pakai bagian paha boleh juga pakai full ayam dan full ikan.
  3. 200 gram labu siam kupas kulitnya cuci bersih di belah menjadi 2 bagian kukus dan dinginkan.
  4. 2 butir telur ayam.
  5. 500 gram tepung tapioka kemudian ini campuran dari.
  6. 2 sdm saus tiram.
  7. 1 sdm kecap ikan.
  8. 1 sdm minyak wijen ini yang membuat siomat kita jadi sedap.
  9. 7 siung bawang merah.
  10. 5 siung bawang putih.
  11. 1 batang daun bawang di iris halus.
  12. 1/2 sdt lada bubuk.
  13. 1/2 sdt kaldu bubuk.
  14. 1 sdt garam.
Cara Membuat Somey Ikan ala Abang-Abang
Cara Membuat Somey Ikan ala Abang-Abang

Persiapan Membuat Siomay

Temen temen, kita siapkan chopper untuk menghaluskan ikannya langsung aja masukan ikan kemudian daging ayam bawang merah bwang putih dan juga labu.

Kalau gak ada labu kalian bisa ganti dengan kuang atau rebung, tujuannya supaya empuk hasil siomayna meskipun dalam keadaan dingin. Pasang tutup chopper kemudian pasang bagian mesinnya sekarang proses hingga setengah halus.

Caranya tinggal tekan tekan dan seterusnya setelah setengah halus buak dulu tutup choppernya, ratakan bagian pinggir dengan spatula supaya semua bahan benar benar bisa halus. Masukan telur, kemudian masukan campuran saus tiram kecap ikan serta minyak wijen.

Masukkan lada bubuk kaldu bubuk garam daun bawang pasang lagi tutup choppernya oh iya temen temen wadah choppernya itu gede banget loh yaitu ukuran 2 liter.

Proses semua bahan sampai benar benar halus dan tercampur rata kalau sudah halus dan tercampur rata matikan choppernya buka tutup nya kita lihat hasilnya yuk tuh baru sebentar saja udah halus dan tercampur rata tuangkan adonan ke dalam wadah yang lebih besar supaya enak pas ngaduknya.

Cara Membuat Siomay

Terus sisihkan adonan yang menempel di pisau chopper untuk chopper ini memiliki 3 pisau stainless makanya cepet banget menghaluskan ikan dan ayamnya sekarang saat nya masukan tepung tapiokanya masukan dulu setengahnya aduk dulu sampai tercampur rata.

Kalau gak ada tepung tapioka boleh di ganti dengan tepung sagu jadi meskipun tapung sagu dan tepung tapioka itu beda tetap bisa saling menggantikan yah hanya beda di tektur kenyalnya saja masukan lagi sisa tepung tapiokanya.

Kemudian aduk sampai tercampur rata oh iya temen temen ini cukup sampai tercampur rata aja yah gak perlu sampai kalis untuk tektur siomay nya sendiri ini agak masih lembek dan juga nanti setelah di kukus akan tetap mengeras tapi tetep akan empuk saat di makan.

Jika sudah seperti ini adonan siomay siap di gunakan selanjutnya siapkan wadah saringan kukusan kemudian alasi dengan daun pisang, kalau gak ada daun pisang bisa juga alasi dengan di oles tipis dengan minyak.

Untuk pelengkap siomay siapkan sayur pare secukupnya potong potong menjadi bagian untuk bagian ujungnya kita sisihkan buang bagian tengahnya kita akan isi dengan adonan siomay setelah di potong rendam pare di air yang di beri sedikit garam.

Agar tidak terlalu pahit rendam selama 5 menit, setelah 5 menit cuci dan tiriskan setelah itu isi pare dengan adonan secukupya dan setelah pare di isi siomay kemudian tata di kukusan yang sudah di alasi dengan daun pisang atau di oles tipis dengan minyak.

Siapkan juga kol ambil beberapa lembar cuci bersih dan rebus sebentar sekitar 5 menit agar nanti mudah di gulung setelah di rebus, kemudian tiriskan ambil selembar kol buang tulangnya.

Supaya mudah di gulung ambil adonan siomay secukupnya letakan di atas kol rebus, lipat dan gulung perlahan hingga rapi lakukan cara membuat siomay ini sehingga kol rebus habis yah temen temen.

Lalu tata lagi di saringan kukusan hingga rapi siapkan juga tahu secukupnya buat lubang di bagina tengah kemudian isi dengan adonan siomay, untuk tahunya kalian bisa pakai tahu goreng yang segitiga itu atau tahu potong sesuai selera.

Pokoknya sesuai selera aja yah apake tahu kami pakai juga boleh banget ambil lagi sesendok demi sesendok adonan kemudian bentuk hingga bulat dengan bantuan sendok, cara membulat siomay dengan bulatkan tinggal di pindah pindah kan seperti ini tata siomay yang sudah di bentuk bulat.

Tata hingga rapi buat sebanyak mungkin atau sesuai selera, kemudian kukus di kukusan yang sebelumnya sudah di didihkan kukus selama 25 menit atau hingga matang kalau sudah matang. Matikan kompor dan untuk pelengkapnya kami menambahkan telur rebus dan juga kentang yang di rebus atau di kukus udah jadi deh temen temen, siomay ala abang abang.

Gampang banget kan untuk penyajian ambil siomay secara secukupnya ambil siomay kentang pare tahu kol telur dan lain lain siramkan saus kacang di atasnya enggga lengkap deh kalau makan siomay kalau tanpa saus kacang.

Enak banget loh siomay ini banyak banget yang suka sajikan dengan saus dan kecap supaya rasa nya lebih enak dan lebih mantap jangan lupa juga beri perasan jeruk lemon di atasnya udah jadi deh temen temen siomay pun siap di sajikan jangan lupa di coba yah ini temen temen kami mau kasih siomay yang sudah di buat ini buat tetangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *