Jualan Online Sukses Sebab Tidak Memikirkan Kuota Mahal

Jualan Online Sukses Sebab Tidak Memikirkan Kuota Mahal

Open Possibility Bersama Smartfren Community – Ditulisan ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalam saya sebagai Ibu rumah tangga yang saat ini memiliki penghasilan tetap dari jualan online. Bahkan pemasukan dari jualan online saya perbulan lebih tinggi dari gaji suami yang statusnya sebagai guru honorer, tapi itu bukan berati saya merendahkan derajat suami yah bun! Ini hanya sebagai penyemangat saja.

Sukses berjualan online bukan perkara yang mudah, saya harus banyak belajar dan melewati beberapa kendala. Di awal-awal merintis bisnis online tentu kebutuhan dan harga kuota sangat berpengaruh, untungya ada kuota super murah dari Smartfren. Dengan demikian saya tidak perlu khawatir lagi merencanakan pengeluaran untuk membeli kuota internet.

Ok bun, sebelum kita bahas mengapa akhirnya saya jatuh hati dengan Smartfren. Ini beberapa point penting yang saya dapatkan dari beberapa seminar dan pelatihan online terkait bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan jualan online. Barangkali info ini bisa dipraktekan dan juga bermanfaat untuk bunda yang sedang fokus mengembangkan bisnis online.

Awalnya saya ikut event smartfren community Tegal, saya dapat pesan whatsapp dari mas Slamet yang woro-woro untuk datang di acara sharing komunitas sfcom. Pertama kali saya melihat si tidak tertarik ya hahaha, karena pasti mikirnya itu acara promosi doang tapi ternyata enggak loh bun. Bener-bener sharing tukar pikiran, inget betul saat itu materi internet marketing dibawakan oleh mas Roy yang akhirnya saya semangat untuk memulai usaha sendiri bagi emak-emak.

Dalam acara sfcom Tegal tersebut diberikan insight-insight menarik seputar internet marketing mulai dari menulis alias blogging, jualan online di marketplace, trik iklan di fbads atau diberbagai platform. Pokoknya saya yang tidak paham jadi terbuka lah pokoknya, sehingga akhirnya saya mendapat izin dari suami untuk jualan online sesuai arahan dari mas Roy itu dan akhirnya bisa sampai seperti sekarang ini.

Strategi Jualan Online

Tentunya ada banyak strategi untuk meningkatkan penjualan online yah! Ini hanya beberapa point pentingnya saja. Dan perlu bunda tahu bahwa saya tidak memiliki banyak stok produk, lebih tepatnya saya ialah seorang reseller. Nah, berikut beberapa strategi yang saya lakukan sebagi reseller.

1. Siapkan smartphone dan koneksi internet

Ini adalah modal utama bagi pelaku bisnis online, bunda harus memiliki smartphone dan koneksi internet yang lancar. Tak hanya murah saja, namun kelancaran internet juga hal yang sangat penting. Dan inilah salah satu alasan saya mengapa hingga saat ini memilih Smartfren untuk kebutuhan kuota internet. Sebagai infromasi tambahan, Smartfren saat ini juga sudah bisa digunakan dibeberapa merek smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

2. Memahani copywriting yang baik

Copywriting adalah sebuah teknik penulisan kata-kata atau materi iklan terkait produk yang akan bunda jual secara online. Jika disajikan secara menarik maka kemungkinan besar akan banyak calon pembeli yang tertatik dan bertanya terkait produk tersebut. Jangan khawatir jika bunda tidak bisa merangkai kata periklanan dengan baik, silahkan bisa browsing di internet sesuai produk yang akan bunda jual.

3. Mempelajari teknik closing

Teknik closing ialah proses mengakhiri percakapan dengan calon pembeli. Biasanya bagi mereka yang sudah berpengalaman tidak terburu-buru untuk menyebutkan harga dari produk yang ditawarkan, mereka akan berinteraksi terlebih dahulu dan mempersiapkan jawaban-jawaban yang matang serta menggiurkan bagi customer.

4. Coba mempromosikan produk dengan iklan perbayar

Bunda bisa memanfaatkan iklan berbayar agar produk lebih cepat dilihat dan dikenal oleh banyak orang. Iklan perbayar tersebut bisa bunda lakukan di Facebook, Google, maupun beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Tahap ini mungkin bisa bunda lakukan nanti dikemudian hari jika sudah mulai ada pemasukan dari jual online.

Saat pertama kali merintis bisnis online kendala terbesar saya ialah soal modal, dan beruntungnya saat itu saya mendapatkan informasi terkait jual beli online tanpa modal yakni dengan menggunakan sistem reseller. Namun sayangnnya semenjak mengenal reseller kebutuhan saya terhadap kuota internet juga semakin bertambah, belum lagi ditambah dengan si kecil yang suka menonton video di YouTube.

Alasan Saya Menggunakan Smartfren

Jujur saja alasan yang paling utama mengapa saya menggunakan Smartfren ialah dari segi harga yang murah. Untuk paket yang saya gunakan memang terkesan mahal, namun itu hanya untuk diawal saja. Coba bunda bayangkan, saat masih menggunakan provider lain hampir satu minggu sekali saya mengeluarkan uang kisaran 40 ribu untuk membeli kuota internet, jika dikalikan selama empat minggu maka saya harus mengeluarkan uang sebesar 160 ribu. Berbeda ketika saya sudah pindah menggunakan Smartfren, cukup membeli kuota Smaertfren Unlimited seharga 100 ribu sudah bisa saya gunakan selama 28 hari.

Alasan kedua mengapa saya menggunakan Smartfren ialah banyak dari rekan maupun saudara saya yang sudah terlebih dahulu menggunakan Smartfren. Yups, dengan demikian maka saya tidak perlu khawatir kehabisan pulsa untuk nelpon seberapa lama, bolak-balik nelpon juga nggak masalah. Sebab sudah tersedia fitur gratis nelpon ke sesama pengguna Smartfren.

Kemudian alasan yang terakhir ialah ditempat saya sudah tersedia jaringan 4G yang super cepat. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk mendownload katalog atau foto-foto produk yang akan saya jual secara online. Begitu juga saat uploud foto produk di Facebook maupun Instagram, tak sampai hitungan menit semua sudah selesai teruploud. Namun tentu saya juga tidak tahu bagaimana kualitas jaringan internet di tempat bunda, biasanya kondisi atau lokasi sangat mempengaruhi.

Apakah Saya Masih Menggunakan Smartfren?

Terusterang saja saat ini setelah omset dari jual beli online cukup lumayan untuk kebutuhan internet saya menggunakan WiFi dari provider lain. Yakni tersambung ke laptop yang digunakan oleh CS dan Smartphone yang saya dan keluarga gunakan, itu jika saya berada di rumah. Nah, jika keluar rumah maka otomatis tidak bisa terhubung ke WiFi dan saya masih tetap setia menggunakan Smartfren. Untuk mengawali bisnis online, selagi masih ada yang murah kenapa harus pilih yang mahal?

Saya belum pernah melakukan riset atau penelitian, namun yang saya rasakan mengapa mereka tidak mau menggunakan kuota internet dari Smartfren bukan melihat dari segi menfaatnya. Namun lebih ke tidak mau dikatan sebagai sobat miskin. Alasan yang cukup gila memang! Pengguna Smartfren memiliki image sebagai orang miskin yang tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk membeli kuota internet. No problem yah bun? Yang terpenting ialah kuota internet bukan lagi sebagai penghalang meraih kesuksesan di bisnis online.

Bagian Akhir

Meskipun kuota internet sangat berpengaruh namun faktor utama seseorang bisa sukses jual beli online bukan ditentukan dari provider kuota. Bunda bisa dengan bebas menggunakan penyedia kuota apapun sesuai dengan kebutuhan, yang paling penting ialah pelajari ilmu jual beli online secara matang dan lakukan secara konsisten.
Akan tetapi tidak bisa dipungkiri juga, kuota internet murah dari Smartfren sangat membatu saya di awal-awal merintis bisnis online dengan menjadi reseller. Kedepanya semoga ada program kerja sama antara pelaku UKM yang siap go online dengan Smartfren.

Akhir kata mengenai Open Possibility Bersama Smartfren Community ini, saya tidak akan melupakan bagaimana saya bertemu orang-orang hebat seperti mas Roy dan mas Slamet yang akhirnya membuka cakrawala saya dibidang jualan online sekarang ini. Karena dua orang itu ya benar-benar sharing, tidak ada sok menggurui dan tidak merasa paling pintar. Komunitas smartfren menjadi jembatan saya menuju ekonomi yang seperti sekarang ini, dan produk smartfren membantu saya dalam kebutuhan internet.

Ok bunda! Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga ada manfaatnya. Maaf, ini bukan promosi loh ya tapi memang sedikit curhatan saya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.