Nasi Ayam Singapura Masak Pakai Rice Cooker

Nasi Ayam Singapura Masak Pakai Rice Cooker

Halo selamat datang kembali di chevron nine, dapur mama masak enak. Kali ini, saya membagikan resep yang praktis dan sederhana, namun lezat yakni nasi ayam singapura. Ini sempurna untuk situasi sahur, iftar, dan karantina mandiri seperti sekarang.

Kita membutuhkan makanan yang praktis, sehat, dan bergizi pada saat-saat seperti ini. Bahan utama resep ini yakni nasi dan ayam.

Saya membuat nasi ayam, atau Anda bisa menyebutnya nasi ayam kukus atau nasi ayam hainan. Ini merupakan hidangan bergaya cina. Saya terinspirasi oleh restoran tertentu ketika berada di beijing dan mengunjungi sebuah restoran yang mengkhususkan diri pada merpati.

Baca juga : Belajar Bisnis Online di Octa Indonesia

Salah satu spesial mereka yakni pigeon rice. Disajikan di dalam penanak nasi, jika anda memesan hidangan pigeon rice di sana, itu disajikan dalam penanak nasi panas.

Baru dimasak, sejak itu, saya ingin meniru masakan itu di rumah. Saya mencoba menggunakan ayam. Rasanya mirip dan sama enaknya. Tidak sabar untuk belajar? mari selami resepnya!.

Bahan Nasi Ayam

  1. 1 ekor ayam
  2. 3 sdm saus tiram
  3. 2 sdm arak masak
  4. 1 sdm minyak wijen
  5. 4 sdt garam
  6. 1 sdt merica
  7. 1 sdt penyedap
  8. 2 sdm jahe iris
  9. 3 sdm tepung tapioka

Karena akan ada tambahan air dari ayam. Ayam akan melepaskan air. Jika anda menggunakan terlalu banyak air, nasi akan menjadi terlalu lembek.

Baca juga : Hosting Terbaik Indonesia

Bahan Tambahan

  • 800 ml / 650 gr beras
  • 800 ml air
  • 5 sdm minyak goreng
  • 1 bonggol bawang putih
  • 2 batang daun bawang

Bahan selanjutnya yakni ayam. Saya menggunakan ayam kampung. Potong kecil-kecil.

Urutan Memasak Nasi Ayam

  1. Potong ayam ukuran kecil
  2. Masukkan ke wadah
  3. Cincang bawang putih
  4. Panaskan minyak goreng
  5. Tumis bawang putih hingga kuning
  6. Iris tipis jahe seperti batang korek api
  7. Campurkan ayam
  8. Masukkan tepung tapioka, saus tiram, garam, penyedap, dan merica. Aduk rata, lalu marinasi selama 15-30 menit
  9. Masukkan beras dan air ke dalam rice cooker
  10. Masukkan minyak bawang putih
  11. Masukkan ayam yang sudah dimarinasi di atasnya, jangan diaduk. Masak nasi ayam hingga matang
  12. Potong daun bawang lalu campurkan dengan nasi, aduk rata
  13. Nasi Ayam siap disajikan
resep nasi ayam
resep nasi ayam

Step by Step

Potong ayam menjadi potongan-potongan kecil untuk memasaknya lebih cepat. Ayam akan menjadi lunak lebih cepat dan menyerap bumbu dengan lebih baik. Tulang akan meningkatkan rasa kaldu, meningkatkan aroma nasi.

Anda juga bisa menggunakan fillet ayam. Tapi jangan potong mereka. Gunakan seluruhnya. Anda bisa menggunakan ayam biasa juga. Tidak masalah.

Di sini saya punya bawang putih, jahe, dan daun bawang. Juga, sedikit tepung tapioka untuk mengasinkan ayam. Dan kemudian kita memasak anggur, saus tiram, dan minyak wijen. Sederhana. Pertama, saya akan menumis bawang putih.

Anda bisa mengenyangkan bawang putih. Cara saya menunjukkan anda dalam pembahasan minyak bawang putih. Jadi jika anda memiliki minyak bawang putih di tangan.. Anda tidak perlu repot melakukan langkah ini. Lewati saja dan gunakan minyak bawang putih.

Kami menggunakan banyak bawang putih karena kami membutuhkan nasi agar harum. Hapus ujung bawang putih. Karena kita akan memukul mereka.

Tips & trik: tumbuk bawang putih agar mudah dikupas.

Setelah berdebar, bawang putih sangat mudah dikupas. Selanjutnya, cincang bawang putih. Anda tidak perlu cincang halus. Setelah dicincang, jangan lupa untuk memanaskan minyak.

Kami membutuhkan sedikit minyak, sekitar 3-4 sdm. Setelah minyak panas, tambahkan bawang putih. Masak dengan api sedang.

Untuk tips dan trik, temukan di garlic oil pembahasan saya. Sambil menunggu, saya menyiapkan rendaman ayam. Pertama, potong jahe menjadi irisan tipis. Untuk memulai, potong sisi rata.

Awasi bawang putih anda, jangan sampai terbakar. Sisi rata membantu jahe tetap di tempat saat kita memotong. Jahe sudah dikupas dan dibersihkan.

Lalu, kami membuat irisan tipis. Setelah anda mendapatkan irisan tipis, atur jahe seperti. Untuk memotong mereka menjadi korek api.

Tip & trik: memotong jahe menjadi korek api membuatnya lebih mudah untuk dimakan.

Ini ialah bagaimana korek api terlihat. Bawang putih sudah matang. Sisihkan. Saya pikir jumlah jahe ini cukup. Ini adalah sekitar 2-3 sdm jahe.

Tambahkan ke ayam. Jika anda tidak suka jahe, kurangi jumlahnya atau tambahkan seluruhnya hanya untuk menambah aroma.

Tip & trik: potong jahe menjadi potongan besar atau parut jika anda tidak menyukainya.

Jika anda memotongnya menjadi korek api jahe seharusnya dimakan bersama. Ini akan sangat aromatik bagi mereka yang suka jahe. Selanjutnya, kami memiliki tepung tapioka atau tepung jagung. Anda bisa memilih yang mana.

Ini untuk melapisi ayam. Jadi empuk saat dimasak. Berikutnya adalah saus tiram. Kami membutuhkan banyak rasa di sini. Jadi nasi beraroma ketika dimakan sendiri. Selanjutnya, tambahkan anggur memasak. Itu opsional. Lewati saja jika anda memilih untuk tidak menggunakannya.

Tambahkan minyak wijen. Garam. Enhancer rasa adalah opsional. Dan merica. Aduk sampai rata. Kami akan menambahkan bawang putih ke penanak nasi.

Untuk resep lengkap . Anda tidak dapat memiliki rasa saat memasak resep semacam ini. Jadi anda membutuhkan pengukuran yang tepat untuk mendapatkan hasil yang baik. Sayang sekali jika anda melewatkan bahan saat anda membuat makanan sebanyak ini. Kami akan menggunakan daun bawang setelah nasi matang. Kami akan memotong dan mencampurnya.

Jangan memasaknya sekarang. Anda akan kehilangan tekstur, warna, dan rasa. Gabungkan beras dan air yang diukur bersama-sama. Selanjutnya, kita tambahkan minyak bawang putih. Tuang semua minyak di. Karena nasi jenis ini lebih enak jika berminyak.

resep nasi ayam singapura
resep nasi ayam singapura

Tetapi jika anda mengurangi lemak.. Anda bisa melewatkan minyak. Jangan lupa untuk mengasinkan ayam selama 15-30 menit. Jadi semua rempah bisa terserap. Ingat, jangan aduk nasi dan ayam bersama-sama. Atau nasi tidak akan masak. Jadi cukup tempatkan ayam di atas seperti ini.

Sekarang, kita masak mereka!. Baunya sangat harum!. Bagus. Sekarang, saya akan menyiapkan daun bawang. Iris mereka seperti yang anda inginkan. Saya menambahkan ini. Simpan beberapa untuk hiasan. Ada beberapa warna pada nasi.

Itu dibumbui oleh ayam, rempah-rempah. Dan minyak bawang putih. Campur dengan baik. Sangat enak. Lihat! teksturnya lengket, mirip dengan nasi jepang. Itu karena kami menambahkan tepung jagung atau tepung tapioka ke ayam.

Oke, sekarang saya akan mencicipi. Ini adalah nasi ayam yang sudah jadi. Anda bisa menghiasinya dengan daun bawang. Juga, saya menyajikan ini dengan sambal. Ini adalah sambal ala nasi ayam hainan. Jika anda ingin membuat sambal ini.

Saya akan membagikan pembahasan resep lain kali. Saya merasakan sekarang. Saya akan mencobanya tanpa sambal terlebih dahulu. Rasanya gurih, seperti nasi goreng versi kukus. Anda tidak perlu menambahkan yang lain. Resep lengkap tersedia di kotak deskripsi. Sekarang, saya mencoba nasi dengan sambal. Ini ialah pasangan yang baik karena rasa sambal jahe dan bawang putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *